Uncategorized

Solusi Bahan Ramah Lingkungan untuk Cetak Kemasan Plastik

cetak kemasan plastik

Limbah plastik yang semakin menggunung dan sulit terurai menimbulkan keprihatinan dari berbagai pihak. Kabar baiknya, berbagai pihak terus berinovasi untuk mengurangi dampak buruk sampah plastik, salah satunya dengan menghadirkan bahan plastik ramah lingkungan untuk cetak kemasan plastik. Untuk itu, bagi para produsen, kini saatnya beralih mengadopsi solusi ramah lingkungan untuk kemasan produk.

Ada beberapa jenis plastik yang bisa diolah dan digunakan kembali. Daur ulang plastik bertujuan untuk mengurangi jumlah sampah plastik yang berakhir di tempat pembuangan akhir. Selain itu, proses daur ulang juga bisa meningkatkan nilai ekonomi dari plastik yang sudah tidak terpakai.

Lalu, apa saja jenis bahan plastik untuk kemasan produk yang bisa didaur ulang?

Jenis-Jenis Bahan yang Bisa Didaur Ulang untuk Cetak Kemasan Plastik

Tidak semua jenis plastik dapat didaur ulang. Anda perlu cermat memilih dan memilah jenis plastik pada bagian bawah kemasan guna memastikan bahan yang digunakan dapat diolah kembali seperti di bawah ini.

1. Polyethylene Terephthalate (PET)

Polypropylene (PP)

Bahan plastik dengan jenis PET biasanya ditandai dengan angka 1. Plastik ini banyak digunakan pada kemasan air mineral dan botol minuman. Plastik jenis ini dapat didaur ulang menjadi kain, serat polyester, hingga tas dan furniture.

2. High-Density Polyethylene (HDPE)

High Density Polyethylene (HDPE)

Cetak kemasan plastik HDPE ditandai dengan angka 2. Plastik ini banyak ditemukan pada botol sampo, cairan pembersih, dan produk rumah tangga. Jika Anda menggunakan kemasan dengan tanda ini, Anda bisa mengolahnya menjadi benda bernilai ekonomis seperti pipa plastik dan botol baru.

3. Polyvinyl Chloride (PVC)

Polyvinyl Chloride (PVC)

Sering dikenal sebagai vinyl, plastik ini mempunyai tekstur keras namun tahan terhadap cuaca. PVC banyak digunakan untuk pembuatan pipa, kontainer, dan kemasan transparan. Pengolahan jenis plastik ini cukup sulit.

4. Low Density Polyethylene (LDPE)

Low Density Polyethylene (LDPE)

Anda mungkin sering menemukan kantong belanja dengan tulisan LDPE. Jenis plastik yang satu ini bersifat lentur sehingga cocok digunakan untuk berbagai keperluan. Plastik LDPE dapat diolah kembali menjadi kantong belanja.

5. Polypropylene (PP)

Polypropylene (PP)

Bahan polypropylene (PP) paling sering digunakan untuk cetak kemasan plastik makanan karena tergolong cukup aman. Plastik ini bisa diolah menjadi tempat makanan atau minuman baru.

Penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari memang sulit dihindari. Namun, dampak negatif plastik terhadap lingkungan tidak bisa diabaikan. Dan menggunakan bahan yang bisa daur ulang untuk cetak kemasan plastik merupakan salah satu langkah menuju masa depan yang lebih berkelanjutan. Juga meningkatkan citra brand Anda di mata konsumen.

Magenta Indopack sebagai perusahaan penyedia layanan cetak kemasan polos & printing siap membantu Anda mewujudkan kemasan produk yang ramah lingkungan dan berkualitas tinggi. Tim ahli kami akan membantu memilih bahan plastik daur ulang yang tepat untuk produk Anda, mendesain kemasan yang menarik, dan mencetaknya dengan kualitas terbaik.

Kami melayani percetakan kemasan berbagai kebutuhan produk perusahaan menengah keatas  dan industri.

Hubungi kami hari ini untuk konsultasi kemasan dan dapatkan free sample kemasan!

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *